Sabtu, 15 Juni 2019

Polsek Monitoring Ritual Adat BALALA' Di Desa Monterado


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.com
Polda Kalbar, Polres Bengkayang - Kegiatan adat suku Dayak yang di sebut Balala' atau Basamsam di wilayah Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang secara rutin dilakukan setiap tahunnya.

Tujuan dilakukannya kegiatan tersebut yaitu untuk membersihkan wilayah desa dari berbagai hal-hal yang buruk serta berharap kebaikan dan berkah senantiasa diberikan kepada warga yang ada di wilayah desa tersebut.

Kegiatan Balala' atau Basamsam di desa Monterado kali ini dijadwalkan mulai berlangsung pada hari Jum'at tanggal 14 Juni 2019 pada pukul 18.00 Wib hingga dan berakhir pada hari Minggu 16 Juni 2019 pada pukul 06.00 Wib.

Dimana saat berlangsungnya kegiatan Balala' atau Basamsam, tidak diperbolehkan masyarakat melakukan aktivitas di luar rumah (serupa dengan Nyepi) dan apabila ada yang melanggar maka akan dikenakan sanksi.

Sebelum kegiatan Balala' atau Basamsam di mulai, terlebih dahulu dilakukan Ritual Adat yang dilakukan di lokasi tertentu oleh pengurus adat, kali ini yang memimpin Ritual tersebut adalah Pesirah Adat bapak Simen (14/06).

Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH saat di konfirmasi mengatakan untuk memastikan kegiatan Ritual Adat Balala' atau Basamsam berlangsung aman, maka Kanit Binmas Polsek Monterado Aiptu Supani hadir untuk memonitor kegiatan.

"Kami bersama pihak terkait mendukung dan siap menjaga keamanan selama berlangsungnya kegiatan adat Balala' atau Basamsam di desa Monterado, diharapkan kerjasama masyarakat dan panitia penyelenggara untuk kesuksesan kegiatan tersebut". Ungkap IPTU Rismanto Ginting, SH.

Penulis  : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar