Jumat, 11 Mei 2018

Bhabinkamtibmas Polsek Monterado : Bahaya Rabies Penting Diketahui Masyarakat


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.co.id
Polda Kalbar, Polres Bengkayang - Bhabinkamtibmas Polsek Monterado desa Gerantung BRIGPOL Romi Marliansyah, SE menghadiri sosialisasi tentang Rabies dari Dinas Pangan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar, pukul 09.00 Wib (09/05/2018).

Sosialisasi yang dilakukan di aula Kantor Desa Gerantung ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pangan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar bapak Dr. A. Manaf.M beserta tim  (narasumber), Kepala Desa Gerantung bapak Dino Harianto beserta staf, Kepala Dusun dan Ketua RT se-Desa Gerantung, para Tokoh-tokoh penting desa Gerantung, serta warga desa Gerantung yang di undang.

Tujuan diadakannya sosialisasi Rabies ini adalah untuk menghentikan atau meminimalisir korban serta penyebab dari virus Rabies, ini juga diharapkan dapat memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat bahaya, ciri-ciri, serta cara mencegah atau pengendalian penyakit Rabies.


Rabies adalah penyakit infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Rabies. Penyakit ini bersifat zoonotik yaitu dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Virus Rabies ditularkan ke manusia melalu gigitan hewan misalnya oleh anjing, kucing, kera, dan kelelawar.

Sebelum sosialisasi di mulai, BRIGPOL Romi Marliansyah, SE mengajak seluruh peserta sosialisasi yang hadir untuk benar-benar memperhatikan dan mendengar apa yang akan disampaikan oleh narasumber.

"Sosialisasi ini penting untuk diketahui oleh masyarakat, saya berharap kita semua dapat menjadi penyambung bagi seluruh masyarakat terkait bahaya Rabies dari sosialisasi yang kita dapatkan hari ini, dengan harapan desa kita menjadi desa yang bebas Rabies". Ungkap BRIGPOL Romi Marliansyah, SE.

Bapak Dr. A. Manaf.M selaku narasumber menyampaikan berbagai macam informasi terkait Rabies seperti bahaya penularan Rabies oleh hewan peliharaan, ciri-ciri hewan maupun orang yang terjangkit Rabies, serta tindakan yang harus dilakukan untuk mencegah maupun mengatasi infeksi virus Rabies.

Sosialisasi ini di sambut baik oleh masyarakat desa Gerantung terlihat dari banyaknya warga yang berinteraksi saat sesi tanya jawab. Hingga akhir sosialisasi, situasi berlangsung tertib.

Penulis  : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar