Minggu, 06 Mei 2018

Polisi, TNI, Manggala Agni, Dan Masyarakat Lakukan Patroli Terpadu


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.co.id
Polda Kalbar, Polres Bengkayang - Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) di wilayah Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang, Bhabinkamtibmas desa Goa Boma BRIPKA Agung Haryadi bersama-sama dengan TNI, Manggala Agni, dan Masyarakat Peduli Api lakukan Patroli Terpadu (05/05/2018).

Sebelum Patroli, terlebih dahulu dilakukan kosulidasi oleh petugas patroli yaitu personil Polsek Monterado BRIPKA Agung Haryadi, Personil Koramil Samalantan KOPTU Dirus, Personil Manggala Agni Adrianus Apen beserta Ansila Lili, serta warga desa Goa Boma P. Mangkeng dan Linus Swandi.


Posko Terpadu 35 dengan titik koordinat N 00.75575° E 109.07702° yang berada di desa Goa Boma Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang menjadi lokasi awal dimulainya patroli dengan sasaran lokasi berpotensi kebakaran serta beberapa perkebunan milik warga.

BRIPKA Agung Haryadi mengatakan selain patroli juga disampaikan larangan membakar hutan atau lahan kepada setiap masyarakat yang ditemui agar masyarakat paham akan dampak negatif yang ditimbulkan dari pembakaran hutan atau lahan.

"Terus memberikan penjelasan dan pemahaman pada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan khususnya hutan dan tidak membuka lahan dengan cara di bakar itu penting, karena kebakaran hutan dan lahan dapat di cegah dengan kesadaran dan pemahaman masyarakat yang telah terbentuk". Terang BRIPKA Agung Haryadi saat ditemui usai patroli.


Sementara saat ditemui di ruang kerjanya, Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH mengatakan walaupun akhir-akhir ini masih turun hujan di wilayah Kecamatan Monterado, namun pihaknya akan tetap bersinergi dengan pihak terkait dalam melakukan Patroli Terpadu cegah KARHUTLA.

"Tidak henti-hentinya kami menghimbau kepada masyarakat Kecamatan Monterado khususnya yang akan bercocok tanam ataupun berkebun untuk tidak membuka lahan dengan cara di bakar, karena sanksi hukumnya sudah jelas bagi siapa saja yang melakukan pembakaran hutan atau lahan". Terang IPTU Rismanto Ginting, SH.

Patroli Terpadu cegah Kebakaran Hutan dan Lahan yang di mulai sejak pukul 09.00 Wib hingga pukul 16.00 Wib berlangsung aman dengan hasil tidak ditemukan adanya potensi kebakaran maupun bekas terbakar di sepanjang rute patroli.

Penulis  : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar