Selasa, 12 Desember 2017

Kapolsek Monterado Melatih Relawan Destana Untuk Hadapi Bencana


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.co.id
Polda Kalbar, Polres Bengkayang - Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH ikut berikan materi serta arahan saat kegiatan Pelatihan Relawan Desa Tangguh Bencana (Destana) yang di gelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkayang dalam bentuk simulasi (12/12/2017).

Bertempat di lapangan sepak bola Rajawali desa Monterado Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang kegiatan Pelatihan Relawan Destana sekaligus dilakukan simulasi dan dihadiri BPBD Kabupaten Bengkayang bapak Jasadi, Kepala Desa Monterado bapak Ewaldus, Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH beserta 6 orang personilnya, medis Puskesmas Monterado, Manggala Agni bapak Urai Pawadi, serta relawan Destana.


Simulasi yang dimulai sejak pukul 09.00 Wib sampai dengan pukul 12.30 Wib diikuti kurang lebih 40 orang termasuk para relawan Destana, ini dilakukan untuk melatih dan mengevaluasi kesiapsiagaan para relawan Destana dalam menanggulangi suatu bencana di Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

Kali ini simulasi yang diperagakan yaitu langkah-langkah tindakan dalam memadamkan api dari suatu peristiwa kebakaran, peralatan yang digunakan dalam simulasi ini di dukung dari alat pemadam milik Manggala Agni.


Sebelum simulasi di mulai, terlebih dahulu pemaparan petunjuk dan teknis penanganan suatu bencana dari pihak BPBD Kabupaten Bengkayang dan pihak Kepolisian Sektor Monterado kepada seluruh tim yang akan melakukan aksi dalam simulasi.

Hal yang disampaikan oleh IPTU Rismanto Ginting, SH antara lain Melakukan pemetaan daerah dan lokasi berpotensi terjadinya bencana, Intensifkan Koordinasi dengan pihak Pemerintahan terkait potensi terjadinya bencana, Saat penanganan bencana utamakan keselamatan jiwa terlebih dahulu, Laporkan kepada pihak Kepolisian Pelaku yang diketahui menyebabkan terjadinya bencana seperti pelaku pembakaran hutan.


Para relawan yang melakukan aksi dalam simulasi tersebut akhirnya berhasil memadamkan api dan berhasil mencegah kebakaran meluas, kegiatan tersebut dilakukan dengan penuh keseriusan oleh para relawan Destana, hal tersebut tampak saat relawan melakukan setiap tahapan dalam simulasi berjalan sesuai arahan.

Penulis  : Eko Wahyu Sudianto
Editor     : Alfian N / Nanang P
Publish  :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar