Minggu, 05 November 2017

Bhabinkamtibmas Polsek Monterado Bersama Perangkat Desa Rangkul Warga Untuk Berdamai


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.co.id
Polda Kalbar, Polres Bengkayang - Suara kenalpot motor yang bising menyebabkan dua orang warga desa Jahandung yang bertetangga bertengkar hingga nyaris terjadi adu jotos antar keduanya, namun dapat diakurkan oleh Bhabinkamtibmas desa Jahandung BRIPKA Suprianus melalui Problem Solving yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa Jahandung  (04/11/2017).

Suara kenalpot sepeda motor yang tidak seusai dengan ketentuan memang dapat menyebabkan kebisingan bagi sebagian pihak yang mendengarnya, hal tersebutlah yang terjadi pada dua orang warga desa Jahandung hingga mengakibatkan pertengkaran di antara mereka berdua.

Atas kejadian tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Monterado khususnya desa Jahandung BRIPKA Suprianus segera melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Jahandung bapak Sumadi untuk bersama-sama mencari jalan penyelesaian masalah kedua warga desa tersebut.

Bertempat di ruang aula kantor Desa Jahandung diadakan pertemuan untuk mendengarkan dan mencari solusi atas pertengkaran yang terjadi antara kedua warga, hadir dalam pertemuan tersebut yaitu Kepala Desa Jahandung bapak Sumadi beserta staf, Bhabinkamtibmas desa Jahandung BRIPKA Suprianus, kedua belah pihak yang bertengkar beserta keluarganya.


Setelah mendengarkan penjelasan hukum, serta saran dari BRIPKA Suprianus dan Kepala Desa akhirnya kedua warga yang bertengkar tersebut bersepakat untuk berdamai dengan tidak melanjutkan permasalahan yang terjadi ke proses hukum. Kesepakatan di cantumkan dalam Surat Pernyataan dan di tandatangani oleh kedua belah pihak dan saksi-saksi.

Saat ditemui Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH mengatakan sebenarnya pertengkaran ini tidak perlu terjadi apabila masing-masing pihak saling menghormati yaitu dengan tidak menggunakan kenalpot yang bising apa lagi dengan cara di gas berulang-ulang.

"Saya ucapkan terima kasih kepada perangkat desa khususnya Kepala Desa Jahandung bapak Sumadi beserta staf yang telah bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada warga di desanya dengan cara mediasi, semoga kejadian ini tidak terulang lagi dan dapat dijadikan pelajaran oleh kedua belah pihak dan warga yang lainnya ". Ungkap Kapolsek Monterado.

Selama proses problem solving dengan mediasi yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Monterado dan Perangkat Desa berlangsung lancar, sebelum mengakhiri pertemuan tersebut tampak BRIPKA Suprianus menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada warga yang hadir saat itu untuk bersama-sama saling hormat menghormati dan menghargai orang yang ada di sekitar kita.

Penulis   : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar