Kamis, 02 November 2017

Problem Solving Langkah Tepat Yang Dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Monterado


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.co.id
Polda Kalbar, Polres Bengkayang - Kejadian hewan ternak merusak tanaman berhasil di selesaikan berkat tindakan Problem Solving berupa mediasi yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Monterado desa Gerantung BRIGADIR Romi Marliansyah, SE kepada warga binaannya  (01/11/2017).

Kejadian bermula pada hari hari Jum'at yang lalu dimana hewan ternak sapi milik salah satu warga desa Gerantung memasuki lahan pertanian padi yang juga milik salah satu warga desa Gerantung Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

Akibat kejadian tersebut sebagian tanaman mengalami kerusakan sehingga pemilik lahan yang menanam padi mengadukan kejadian yang dialaminya kepada Bhabinkamtibmas desa Gerantung Kecamatan Monterado.

Setelah menerima pengaduan dari salah satu warga desa binaannya, kemudian BRIGADIR Romi Marliansyah, SE mengumpulkan kedua belah pihak yaitu pemilik hewan ternak sapi dan pemilik lahan pertanian padi yang keduanya adalah warga desa Gerantung.

BRIGADIR Romi Marliansyah, SE mengatakan bahwa dikumpulkannya kedua belah pihak di kantor Polsek Monterado ini untuk melakukan Problem Solving dengan cara mediasi agar kejadian tidak meluas menjadi tindak pidana.

Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH mengatakan bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh personilnya telah benar, dimana setiap permasalahan yang terjadi sekecil apapun harus segera ditindaklanjuti agar tidak semangkin membesar.

Terkait hewan ternak, Kapolsek Monterado menghimbau agar setiap pemilik hewan ternak apa pun jenisnya untuk benar-benar diperhatikan keberadaannya, sehingga tidak merugikan orang lain seperti merusak tanaman.

Usai dilakukan problem solving dengan cara mediasi, akhirnya kedua belah pihak bersepakat untuk berdamai dengan tidak melanjutkan kejadian tersebut ke proses hukum, sementara pemilik hewan ternak sapi berjanji akan lebih memperhatikan hewan ternak miliknya agar tidak terulang lagi kejadian serupa.

Penulis   : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar