Selasa, 06 Agustus 2019

Kapolsek Monterado Pimpin Patroli Cegah Karhutla


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.com
Polda Kalbar, Polres Bengkayang - Mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang, Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting SH bersama instansi terkait lakukan patroli (05/08).

Cuaca panas yang panjang di Kecamatan Monterado membuat beberapa wilayah desa memiliki potensi terjadinya Karhutla, baik itu di sengaja maupun tidak di sengaja.


Karhutla yang sengaja di bakar biasanya dikarenakan adanya niat warga yang hendak bercocok tanam, sementara yang tidak di sengaja dapat disebabkan oleh pergesekan antara dahan/ranting pohon yang memicu timbulnya api.

Mencegah hal tersebut terjadi, Polsek Monterado bersama-sama dengan Koramil Samalantan, Manggala Agni Daops Singkawang, Perangkat Desa, serta sejumlah warga desa melakukan patroli.


Apel kesiapan dilakukan sebelum melakukan patroli yang di pimpin Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting SH, hal ini dilakukan untuk menentukan wilayah patroli serta tindakan yang akan dilakukan.

Selain mencari lokasi yang berpotensi terjadi Karhutla, tampak personil patroli juga menyampaikan pesan serta himbauan terkait Karhutla kepada masyarakat yang dijumpai.


Saat ditemui, IPTU Rismanto Ginting SH mengungkapkan bahwa kegiatan patroli ini dilakukan dengan melibatkan semua pihak terkait dengan harapan meniadakan Karhutla di wilayah Kecamatan Monterado.

"Kita himbau masyarakat desa Serindu untuk proaktif mencegah Karhutla dengan waspada terjadi Karhutla di wilayah desanya, selain itu kami juga menghimbau warga untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan untuk bercocok tanam". Ungkap IPTU Rismanto Ginting SH saat di konfirmasi.

Penulis  : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar