Jumat, 22 Juni 2018

Polsek Monterado Tetap Monitoring Kegiatan Ritual Adat "Besamsam"


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.co.id
Polda Kalbar, Polres Bengkayang - Usai melaksanakan gotong royong membersihkan halaman Pos Polisi bersama para pemuda, Bhabinkamtibmas desa Monterado BRIPKA Suriana Pepel langsung melakukan Monitoring kegiatan ritual adat suku Dayak yang sering di sebut dengan Besamsam atau Belala' di desa Monterado Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang  (22/06/2018).

Bertempat di lokasi yang telah ditentukan, yang sering di sebut dengan nama Padagi oleh masyarakat suku Dayak di desa Monterado, acara ritual adat Besamsam di lakukan.


Mulai hari ini, desa Monterado akan memulai tutup kampung yang dijadwalkan akan dilaksanakan selama dua hari. Selama Besamsam masyarakat tidak melaksanakan aktifitas seperti biasanya, cuma berdiam diri di rumah dan tidak boleh keluar masuk kampung, juga di larang ribut selama Besamsam berlangsung.

Jika melanggar aturan, akan dikenakan hukum adat yang berlaku sesuai kesalahan yang dilakukannya selama kegiatan Besamsam  berlangsung. Tujuan kegiatan ini untuk membersihkan kampung dari hal-hal yang buruk yang diyakini oleh masyarakat suku Dayak.

Saat ritua Besamsam dilakukan oleh para pengurus adat dan para Tokoh-tokoh adat Dayak desa Monterado, tampak BRIPKA Suriana Pepel yang merupakan Bhabinkamtibmas desa Monterado berada di antara kerumunan masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.


Saat di konfirmasi, Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH mengatakan bahwa kehadiran personilnya tersebut untuk memonitor jalannya kegiatan ritual agar berlangsung lancar dan aman.

"Kegiatan Besamsam yang dilaksanakan di desa Monterado telah di sepakati antara pihak pemerintahan desa Monterado, pengurus adat desa Monterado, Tokoh-tokoh penting dan masyarakat desa Monterado. Selama kegiatan berlangsung kami akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait apabila ada sesuatu yang sifatnya urgent". Terang IPTU Rismanto Ginting, SH.

Penulis  : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar