Senin, 04 September 2017

Bhabinkamtibmas Polsek Monterado Ajak Warga Untuk Tidak Menyalahgunakan Pestisida


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.co.id
Polda Kalbar. Polres Bengkayang - Desa Mekar Baru merupakan salah satu desa yang memiliki lahan pertanian penanaman padi yang cukup luas di Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

Oleh sebab itu lebih dari satu kelompok tani yang ada di desa Mekar Baru, Kelompok tani ini di bimbing dan diawasi oleh Penyuluh Lapangan UPT Dinas Pertanian Kecamatan Monterado dari mulai menanam padi, perawatan atau cegah serangan hama, sampai saat panen tiba.

Bertempat di salah satu lahan pertanian kelompok tani Jaya Makmur desa Mekar Baru dilakukan kegiatan pemantauan tanaman padi khususnya dibidang penggunaan pestisida yang sering digunakan oleh para petani untuk pembasmian hama pada tanaman padi.

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Bapak HENDRA selaku Penyuluh Pertanian dari PT. Nufarm Indonesia, Bapak RAMIJO dan Bapak DARMANSYAH selaku Penyuluh Lapangan UPT Dinas Pertanian Kecamatan Monterado, Bhabinkamtimas desa Mekar Baru BRIGADIR Iwan Kurniawan, serta para anggota dari kelompok tani Jaya Makmur desa Mekar Baru.

Kegiatan pemantauan di salah satu lahan pertanian milik kelompok tani Jaya Makmur desa Mekar Baru dalam rangka imlpementasi penggunaan produk PT. Nufarm Indonesia berupa pestisida dalam pengendalian hama dan penyakit pada tanaman padi.

Dalam kegiatan tersebut BRIGADIR Iwan Kurniawan mengambil kesempatan untuk menyampaikan beberapa pesan-pesan Kamtibmas terkait penggunaan pestisida, salah satu pesan yang disampaikan yaitu agar warga berhati-hati dalam hal penggunaan berbagai jenis pestisida dan agar di gunakan sesuai peruntukannya karena masih ada masyarakat yg menggunakan berbagai macam jenis racun hama untuk hal lain, seperti contoh pestisida tersebut digunakan untuk  menagkap ikan, hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan maupun terjadinya kerusakan ekosistem / lingkungan hidup (air menjadi tercemar).

"Saya berharap tanaman padi milik petani tidak di serang oleh hama nantinya, sehingga petani dapat memperoleh hasil panen padi yang maksimal dengan kualitas padi dan beras yang baik pula. Dengan hasil panen padi yang maksimal semoga dapat membantu meningkatkan perekonomian para petani." Ujar BRIGADIR Iwan Kurniawan.

Selain menanam padi, sebagian masyarakat dan kelompok tani yang ada di desa Mekar Baru Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang juga menanam berbagai macam tanaman sayur-sayuran. Hasil panen sayur-sayuran tersebut sebagian besar di jual ke pasar sayur yang ada di kota Singkawang, hasil penjualan dari sayur-sayuran ini juga sangat membantu perekonomian petani di desa Mekar Baru seperti biaya sekolah anak-anak mereka.

Penulis    : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar