Senin, 04 September 2017

Polsek Monterado Lakukan Patroli Terpadu Cegah KARHUTLA


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.co.id
Polda Kalbar, Polres Bengkayang - Bhabinkamtibmas Polsek Monterado bersama-sama dengan instansi terkait melakukan Patroli Terpadu Cegah KARHUTLA di wilayah Kecamatan Monterado (24/07/2017).

Faktanya kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) bukan sekedar persoalan penegakan hukum dan kondisi alam, melainkan berkaitan dengan perubahan pola pikir dan kebiasaan masyarakat, untuk itu kegiatan Patroli Terpadu Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla terus dilakukan meskipun kondisi curah hujan masih terjadi.

Sebelum melaksanakan Patroli tampak tim Cegah KARHUTLA melakukan koordinasi dengan pihak maupun instansi terkait seperti instansi Kepolisian Sektor Monterado, Instansi Kecamatan Monterado, Pihak Kantor Desa, serta tokoh-tokoh yang ada di wilayah desa.

Saat melakukan Patroli di lapangan, tim Cegah KARHUTLA gabungan terdiri dari tiga personil Manggala Agni Kusnadi, Agustinus Lucky, Ansila Lili, satu personil TNI dari Koramil Samalantan KOPKA Stepanus. J, satu personil Bhabinkamtibmas desa Serindu BRIGADIR Dede Sulaiman, dan satu orang masyarakat yang berada di sekitar desa sasaran Patroli.

Menggunakan kendaraan bermotor yang mana kegiatan yang dilaksanakan diharapkan dapat mengurangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta juga mampu menekan sebaran titik panas (hotspot) di wilayah Kecamatan Monterado.

Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH mengatakan bahwa kegiatan Patroli Terpadu ini merupakan wujud dari sinergisitas para pihak dalam mengendalikan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Monterado.

"Patroli Terpadu saat ini diharapkan dapat mencegah maupun meminimalisir masalah-masalah yang timbul akibat bencana asap seperti penundaan penerbangan, terganggunya proses belajar siswa dan masalah kesehatan masyarakat". Ujar Kapolsek Monterado.

Kegiatan Patroli Terpadu ini dijadwalkan akan dilaksanakan selama 30 hari kedepan ini dapat menekan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, selain itu diharapkan masyarakat dapat membantu mencegah terjadinya KARHUTLA dengan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat memicu terjadinya kebakaran terutama didaerah rawan terbakar.

Penulis  : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar