Jumat, 22 September 2017

Ini Yang Dikatakan Kapolsek Monterado Untuk Cegah Kaki Gajah


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.co.id
Polda Kalbar, Polres Bengkayang - Program pemerintah untuk menciptakan masyarakat indonesia yang sehat sangat di dukung oleh Polsek Monterado Polres Bengkayang, sebagai wujud dukungan yaitu dengan mengikuti sosialisasi penyakit kaki gajah atau FILARIASIS  (22/09/2017).

Bertempat di aula Kantor Camat Monterado kegiatan sosialisasi tentang kaki gajah dilaksanakan, hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Camat Monterado bapak Edward Haris, S. Sos beserta staf, Plt Kepala Puskesmas Monterado bapak Nanang Karyawansyah, S. ST, Dokter Puskesmas Monterado bapak dr. Beni, Kapolsek Monterado bapak IPTU Rismanto Ginting, SH, Kepala Desa se-Kecamatan Monterado beserta perwakilan warganya dengan keseluruhan peserta yang hadir berjumlah kurang lebih 50 orang.

Kapolsek Monterado dalam kata sambutannya menyampaikan begitu pentingnya masing-masing pribadi memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal serta menanamkan kebiasaan pola hidup sehat kepada anggota keluarganya. Oleh karena itu, mulai sekarang masyarakat Kecamatan Monterado harus meningkatkan kualitas hidup dengan menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal masing-masing.

"Apabila lingkungan sekitar tempat tinggal kita bersih serta pola hidup sehat sudah diterapkan kepada anggota keluarga, maka penyakit kaki gajah kecil kemungkinan akan mengenai anggota keluarga kita, seperti yang kita ketahui bahwa penyakit kaki gajah ini diawali oleh gigitan nyamuk". Ungkap Kapolsek Monterado saat berikan kata sambutannya.


Sementara itu, Plt Kepala Puskesmas Monterado bapak Nanang Karyawansyah, S. ST menjelaskan bahwa penyakit kaki gajah disebabkan oleh Cacing Filaria dan cara penularan penyakit ini melalui berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini ditandai dengan demam, pembengkakan di kelenjar getah bening, pembesaran yang terjadi pada daerah tungkai, lengan, buah dada serta kantung buah zakar.

"Penyakit ini memang tidak mematikan tapi akan menimbulkan kecacatan seumur hidup. Untuk pencegahan penyakit ini, harus memutus mata rantai penyebabnya serta meminum obat paket yang menjadi program Dinas Kesehatan Kabupaten Demak". Jelas Plt Kepala Puskesmas Monterado saat sosialisasi.

Maksud dari sosialisasi penyakit kaki gajah (FILARIASIS) ini untuk meniadakan anak Bangsa terkena dampak dari penyakit kaki gajah maka dicanangkanlah Bulan Eliminasi Kaki Gajah ). Selama kegiatan sosialisasi tampak peserta mengikuti dengan seksama, dari awal hingga selesai kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar.

Penulis   : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar