Senin, 04 September 2017

Kapolsek Monterado Hadiri Rapat FORKOPIMCAM Untuk Membahas PILKADES Serentak


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.co.id
Polda Kalbar. Polres Bengkayang - Pemerintah Kecamatan Monterado lakukan rapat Forum Komunikasi Pimpinan Tingkat Kecamatan (FORKOPIMCAM) untuk membahas kesiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kecamatan Monterado.

Bertempat di ruang aula Kantor Camat Monterado diadakan rapat FORKOPIMCAM (15/06/2017), kegiatan tersebut untuk membahas persiapan dan pemantapan pelaksanaan tahapan pemilihan Kepala Desa (PILKADES) serentak Kabupaten Bengkayang 2017. Di Kecamatan Monterado sendiri terdapat 2 desa yang akan melaksanakan PILKADES, yaitu desa Jahandung dan desa Beringin Baru yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2017.

Hadir dalam rapat tersebut Camat Monterado Edward Haris. S. Sos, Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH, Danramil Samalantan yang diwakili oleh SERDA Muhono, Plt. Kades Jahandung Suparjo, Ketua BPD desa Jahandung dan desa Beringin Baru, Ketua Panitia PILKADES desa Jahandung Gaton dan Ketua Panitia PILKADES desa Beringin Baru Juliarti, Para Calon Kepala Desa dari masing-masing desa, serta Bhabinkamtimas desa Jahandung BRIPKA Suprianus dan  desa Beringin Baru BRIPKA Armiyanto.

Rapat yang berlangsung kurang lebih 3 jam tersebut menitik beratkan pembahasan terkait kesiapan masing-masing panitia penyelenggara PILKADES di tiap-tiap tahapan pencalonan hingga tahap pemilihan serta membahas kendala yang saat ini dihadapi oleh panitia penyelenggara.

Masing-masing panitia penyelenggara dari kedua desa menyatakan bahwa secara umum telah siap menyelenggarakan PILKADES serentak tahun ini, adapun kendala yang dihadapi oleh panitia penyelenggara saat ini adalah belum selesainya pendataan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), namun panitia penyelenggara memastikan bahwa kendala DPT tersebut dapat diselesaikan dalam waktu dekat ini.

Camat Monterado Edward Haris. S. Sos meminta seluruh aparatur desa serta elemen masyarakat yang ada di desa Jahandung dan desa Beringin Baru dapat bersama-sama berperan aktif mendukung kelancaran proses di tiap-tiap tahapan PILKADES, jadi jangan biarkan panitia penyelenggara menghadapi kesulitan yang seharusnya tidak perlu terjadi apabila seluruh elemen masyarakat ikut membantu. Camat Monterado juga menegaskan bahwa bertanggung jawab serta memiliki kepedulian maka tahapan PILKADES ini akan selesai tepat waktu.

Sementara Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH mengatakan bahwa pihak Kepolisian Sektor Monterado akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait sehubungan dengan PILKADES di Kecamatan Monterado, hal ini perlu dilakukan agar pihaknya dapat mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu tahapan PILKADES sejak dini. Pola Pengamanan juga sudah disiapkan oleh pihak Kepolisian untuk memastikan bahwa tiap tahapan PILKADES dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

"Untuk terciptanya situasi yang aman dan kondusif selama tahapan PILKADES berlangsung, kami tentunya perlu dukungan dari seluruh masyarakat terlebih dari para calon Kepala Desa. Seorang calon Kepala Desa harus bisa menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di tengah-tengah masyarakat." Terang Kapolsek Monterado usai rapat.

Adapun jumlah calon Kepala Desa untuk desa Jahandung sebanyak 6 orang, sehingga khusus untuk calon dari desa Jahandung harus mengikuti seleksi tambahan di Kantor Bupati Bengkayang yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2017, hal ini mengacu pada Peraturan Bupati Bengkayang No 20 tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Kepala Desa pasal 32. Sedangkan untuk calon Kepala Desa dari desa Beringin Baru berjumlah 5 orang saja, sehingga tidak harus mengikuti seleksi tambahan seperti para calon Kepala Desa dari desa Jahandung.

Acara berlangsung dengan lancar dan kondusif dari awal sampai akhir rapat, sesi tanya jawab juga diberikan kepada peserta rapat sehingga suasana rapat menjadi lebih efektif dan komunikatif.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar