Selasa, 05 September 2017

Pertengkaran Dua Bersaudara, Bhabinkamtibmas Polsek Monterado Lakukan Problem Solving


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.co.id
Polda Kalbar, Polres Bengkayang - Bhabinkamtibmas Polsek Monterado berhasil lakukan problem solving hingga pertengkaran dua bersaudara berhasil di damaikan (27/07/2017).

Bhabinkamtibmas desa Monterado BRIPKA Suriana Pepel melaksanakan mediasi pertengkaran antara HD dengan HJ warga dusun Gemah Ripah desa Monterado Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang, yang mana kedua orang tersebut merupakan Saudara Kandung.

Saat mediasi yang dilakukan di ruang Balai Kemitraan Polsek Monterado dihadiri oleh Bhabinkamtibmas desa Monterado BRIPKA Suriana Pepel, Kanit Reskrim Polsek Monterado BRIPKA Anton Ariatna dan Orang Tua dari HD dan HJ.

Untuk menyelesaikan masalah yang terjadi Bhabinkamtibmas desa Monterado mencoba melakukan problem solving tentang terjadinya pertengkaran dan perselisihan kedua belah pihak.

BRIPKA Suriana Pepel menghimbau kepada kedua belah pihak agar menyelesaikan permasalahan tersebut dengan musyawarah dan membuat surat pernyataan untuk berdamai serta tidak saling dendam atas kejadian tersebut.

Dalam kegiatan Problem Solving BRIPKA Suriana Pepel memberikan nasehat kepada kedua belah pihak tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta saling toleransi. Dengan dilakukannya problem solving ini,  permasalahan tersebut bisa di mediasi dan di selesaikan secara musyawarah bersama antara kedua belah pihak.

Kegiatan mediasi berakhir dengan penanda tanganan surat pernyataan antara kedua belah pihak yang mana kedua belah pihak berjanji untuk berdamai dan tidak saling dendam atas kejadian tersebut.

Saat di konfirmasi, Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH menjelaskan bahwa tidak semua permasalahan yang terjadi di masyarakat harus diselesaikan melalui jalur hukum, salah satu fungsi kehadiran seorang Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat yaitu dapat memberikan bantuan kepada masyarakat yang memerlukan, serta dapat memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

Penulis  : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar