Senin, 04 September 2017

Polsek Monterado Hadiri Musyawarah Adat Ritual Tutup Tahun / Kampung (SAM-SAM)


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.co.id
Polda Kalbar, Polres Bengkayang - Bertempat di ruang Rapat Kantor Kepala Desa Mekar Baru Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang telah dilakukan musyawarah desa membahas rencana pelaksanaan kegiatan adat Ritual Tutup Tahun / Kampung (SAM-SAM).

Kepala Desa Mekar Baru bapak Cipto membenarkan bahwa telah dilakukan rapat musyawarah untuk membahas rencana kegiatan Ritual Tutup Tahun / Kampung (SAM-SAM) ini merupakan ritual adat suku Dayak yang rencananya akan diadakan di desa Mekar Baru pada akhir bulan Juni 2017 ini. Tujuan dari ritual ini adalah untuk membersihkan wilayah desa dari hal-hal negatif yang ada maupun yang akan ada, sehingga penduduk desa tersebut selalu dalam perlindungan dan terhindar dari hal-hal yang buruk.

Hadir dalam rapat musyawarah tersebut yaitu Kades Mekar Baru bapak CIPTO, Kepala KUA Kecamatan Monterado GUSTIAN, Babinsa desa Mekar Baru KOPKA Suparto, BPD, LPM, dan perangkat desa Mekar Baru, Ketua adat desa Mekar Baru TENGA dan pengurus adatnya, Tokoh Masyarakat Tokoh Agama Tokoh Pemuda, Bhabinkamtibmas desa Mekar Baru BRIGADIR Iwan Kurniawan, serta Perwakilan pengurus adat desa Gerantung.

Kapolsek Monterado yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas desa Mekar Baru saat memberikan kata sambutan menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah agar musyawarah ini dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat yang ada di desa, hasil maupun keputusan yang di ambil harus disepakati bersama dan tidak melanggar hukum maupun ketentuan yang ada, yang terakhir adalah bersama-sama bertanggung jawab untuk menjaga dan mentaati hasil kesepakatan yang diputuskan dalam rapat ini nantinya.

"Kami dari Polsek Monterado siap memberikan pelayanan Pengamanan saat berlangsungnya Ritual Tutup Tahun / Kampung (SAM-SAM) yang akan diadakan di wilayah hukum Polsek Monterado nantinya. Kami hanya ingin ini dapat berjalan lancar dan kondusif, oleh sebab itu kami akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar dapat terwujud situasi yang kondusif saat pelaksanaan Ritual Tutup Tahun / Kampung (SAM-SAM) itu berlangsung." Terang BRIGADIR Iwan Kurniawan usai rapat musyawarah tersebut.

Rapat musyawarah yang di mulai pukul 14.00 Wib yang dihadiri beberapa Elemen penting dalam desa, akhirnya memperoleh hasil yang disepakati yaitu kegiatan Ritual Tutup Tahun / Kampung (SAM-SAM) dilaksanakan pada hari Jum'at 30 Juni 2017 kegiatan DUDUK/NAIK KE PADAGI, dan pada hari Sabtu 01 Juli 2017 pukul 00.00 Wib s/d 12.00 Wib pelaksanaan Ritual Tutup Tahun (SAM-SAM),  kemudian dilanjutkan tutup kembali pukul 17.00 Wib s/d hari Minggu 02 Juli 2017 pukul 05.00 Wib.

Rapat musyawarah selesai dengan aman, Kepala Desa Mekar Baru menerangkan bahwa apapun hasil dari rapat musyawarah ini (05/06/2017) sudah menjadi kesepakatan bersama dan tujuannya adalah untuk memberikan kebaikan bagi masyarakat, saat ini tugas kami selaku aparat desa adalah mensosialisasikan hasil rapat ini kepada masyarakat desa Mekar Baru agar diketahui dan dipatuhi oleh masyarakat desa Mekar Baru.

Penulis   : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar