Minggu, 03 September 2017

Polsek Monterado Berhasil Lakukan Problem Solving Pertengkaran Antar Pelajar


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.co.id
Polda Kalbar, Polres Bengkayang - Bhabinkamtibmas desa Monterado berhasil melakukan mediasi dan penyelesaian masalah (Problem Solving) antar pelajar sekolah yang bertengkar (23/08/2017).

Berawal dari adanya Pengaduan dari pihak sekolah kepada Bhabinkamtibmas desa Monterado BRIPKA Suriana Pepel terkait telah terjadi pertengkaran antar siswa yang berujung pada terjadinya penganiayaan ringan, yang mana kejadian tersebut terjadi di lingkungan sekolah yaitu di SMP Negeri 1 Monterado.

Menanggapi Pengaduan tersebut kemudian BRIPKA Suriana Pepel mendatangi TKP dan diketahui bahwa siswa yang bertengkar tersebut berinisial JT (siswi SMP Negeri 1 Monterado) dan SL (siswi SMK Negeri 1 Monterado) beserta 3 orang temannya, pertengkaran yang terjadi dikarenakan adanya saling ejek diantara siswa tersebut.

Mengetahui identitas pihak yang bertengkar tersebut BRIPKA Suriana Pepel kemudian berkoordinasi dengan pihak sekolah (SMP dan SMK), serta juga menemui pihak keluarga dari siswi yang bertengkar tersebut. Tujuan dari tindakan BRIPKA Suriana Pepel adalah untuk mencoba dilakukannya mediasi guna mencari penyelesaian masalah yang dihadapi oleh siswi tersebut.

Bertempat di ruang pertemuan SMP Negeri 1 Monterado dilakukan pertemuan untuk memediasi kedua belah pihak yang berselisih yang melibatkan antara pelajar SMP dan Pelajar SMK. Hadir dalam pertemuan mediasi tersebut yaitu Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Monterado ibu Ilastri, S. Th, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Monterado bapak Muntuh, S.Pd, Ketua Komite Sekolah SMK Negeri 1 Monterado bapak Asmani, Siswi yang bertengkar beserta orang tua masing-masing, Bhabinkamtibmas desa Monterado BRIPKA Suriana Pepel.

Mediasi yang dilakukan oleh BRIPKA Suriana Pepel akhirnya menghasilkan Problem Solving yang mana kedua belah pihak yang saling bersiteru bersepakat berdamai, tidak melanjutkan perkara ke proses hukum, serta saling memaafkan dan berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut. Secara administratif, mereka juga membuat pernyataan secara tertulis yang disaksikan langsung oleh Pihak Polsek dan beberapa pihak terkait.

Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan mediasi terkait perkara penganiayaan ringan antara pelajar SMP dan SMK di Kecamatan Monterado. Mediasi di pilih untuk dilakukan berdasarkan pertimbangan dari permohonan orang tua dan pihak sekolah, Kapolsek Monterado juga mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung apa bila masih ada pihak-pihak yang menginginkan mediasi sebagai upaya penyelesaian suatu perkara.

"Mengingat mereka semua masih bersetatus pelajar dan pastinya masih di bawah umur maka kami kedepankan mediasi yang melibatkan pihak-pihak terkait untuk mencapai kesepakatan dalam penyelesaian masalah tersebut". Ungkap Kapolsek Monterado saat di konfirmasi di ruang kerjanya.

Penulis  : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar