Minggu, 03 September 2017

Kapolsek Monterado Hadiri Pengecekan Lapangan Terkait Lokasi Tapal Batas Antar Desa


Tribratanewspolsekmonterado.blogspot.co.id
Polda Kalbar, Polres Bengkayang - Kepala Kepolisian Sektor Monterado hadiri kegiatan pengecekan lapangan terkait lokasi yang akan dijadikan tapal batas antar desa yaitu desa Rantau dan desa Sendoreng Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang (30/08/2017).

Batas wilayah antara desa Rantau dan desa Sendoreng Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang yang selama ini belum memiliki kepastian atau belum mencapai kesepakatan yang disetujui oleh kedua belah pihak desa terkait batas antar desa, maka dilakukan pengecekan di lapangan terkait hal tersebut oleh unsur Pimpinan di tingkat Kecamatan Monterado.

Bertempat di lokasi batas desa Rantau dan desa Sendoreng yang menjadi sengketa, dilakukan pengecekan lapangan tapal batas antar desa tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Monterado bapak Edward Haris, S. Sos beserta staf, Kapolsek Monterado bapak IPTU Rismanto Ginting, SH beserta Bhabinkamtibmas, Danramil Samalantan PELDA Eko Wahyu beserta Babinsa, Kepala Desa Rantau bapak Lipus beserta staf, Kepala Desa Sendoreng bapak Agus Malik, S. Sos beserta staf, Mantan Kepala Desa Rantau bapak Loli, Mantan Kepala Desa Sendoreng bapak Ondang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan Masyarakat desa Rantau dan desa Sendoreng yang berjumlah kurang lebih 80 orang.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan batas-batas wilayah antara kedua desa tersebut menjadi jelas, sehingga diharapkan kedepannya tidak terjadi saling klaim tentang batas desa dan diharapkah juga tidak terjadi konflik antar desa yang diakibatkan karena tidak jelasnya batas desa.

Saat melakukan pengecekan lapangan di lokasi batas desa yang masih menjadi sengketa, unsur pimpinan tingkat Kecamatan seperti bapak Camat, bapak Kapolsek, dan bapak Danramil juga mencoba untuk mendengarkan penjelasan dari Kepala Desa Rantau dan Kepala Desa Sendoreng, Mantan Kepala Desa Rantau dan Kepala Desa Sendoreng, serta tokoh-tokoh yang di anggap sebagai sesepuh di desa Rantau dan desa Sendoreng terkait lokasi batas antar desa.

Namun hasil dari kegiatan pengecekan lapangan terkait lokasi tapal batas antara desa Rantau dan desa Sendoreng kali ini belum ditemukan kesepakatan bersama antara kedua belah pihak desa, oleh sebab itu akan di bentuk tim oleh Kepala Desa Rantau dan Kepala Desa Sendoreng yang mana tim tersebut nantinya akan bertugas mencari penyelesaian terkait sengketa lokasi tapal batas antara desa Rantau dan desa Sendoreng dalam waktu seminggu kedepan.

Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH pada kesempatan tersebut menyampaikan pesan dan menghimbau agar masing-masing pihak untuk bersabar menunggu hasil kerja tim yang di bentuk oleh Kepala Desa, selama menunggu hasil kerja tim diharapkan warga desa Rantau dan desa Sendoreng untuk tetap melakukan aktifitas seperti biasanya, hidup berdampingan dengan harmonis, dan tidak terprovokasi oleh isu yang mengarah pada konflik antar sesama terkait batas desa.

"Kita berharap hasil kerja tim yang di bentuk oleh Kepala Desa adalah hasil yang baik untuk warga kedua desa dan hasil itu dapat dipatuhi oleh warga desa Rantau dan desa Sendoreng, sehingga tidak terjadi hal-hal yang dapat menimbulkan masalah warga antara kedua desa terkait lokasi batas desa ini di kemudian hari. Yang paling penting saat ini adalah seluruh elemen masyarakat yang ada di desa untuk bersama-sama kita menjaga situasi Kamtibmas di masing-masing desa agar tetap kondusif". Ungkap Kapolsek Monterado usai hadiri kegiatan pengecekan lapangan terkait lokasi tapal batas antara desa Rantau dan desa Sendoreng.

Penulis  : Eko Wahyu Sudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar